Desain rumah minimalis

Pada Akhir tahun 2000 gaya desain rumah minimalis modern mulai melanda di Indonesia khususnya mulai berkembang dan tren seiring dengan surutnya gaya mediteranian.  Sebenarya seperti apakah Gaya desain rumah minimalis ..?

Tren desain rumah minimalis modern di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup berbeda dengan yang dipahami secara internasional yang dikenal sebagai minimalism design.  Desain minimalis modern yang di pahami secara internasional berangkat dari slogan ‘less is more” atau “sesuatu kekurangan yang mempunyai kelebihan” adalah sesuatu yang di kenalkan oleh Ludwig Mies van der Rohe.  Prinsip utama dari tren ini adalah  “form follow fuction” atau bentuk mengikuti fungsi. Jadi segala bentuk-bentuk yang tidak mempunyai fungsi pastilah dihilangkan. Semisal ornamen-ornamen yang di rasa kurang mempunyai fungsi akan dihilangkan.

Bagaimana tren desain minimalis di Indonesia?. Desain tren minimalis arsitektur yang sering kita jumpai di Indonesia masih sering  “menghadirkan”ornamen, dekorasi, dan hiasan. Hal ini mungkin bisa di maklumi karena kultur budaya di Indonesia yang sarat akan budaya ornamen.

Tren desain rumah minimalis dipandang praktis dan cocok dan bisa menjadi media presentatif bagi gaya hidup penghuninya yaitu serba praktis, cepat, simpel yaitu dengan usaha minimal untuk mewujudkan hasil yang maksimal.

Tren ini manghasilkan desain rumah yang “clean”, simpel, jujur tetapi tanpa menghilangkan kualitas desain. Untuk mendukung desain minimalis yang berkualitas tentunya kita tidak terjebak kata minimalis, yaitu minimalis dalam mengolah media pendukung rumah minimalis supaya layak huni dan nyaman. Pengaturan orinetasi bangunan yang benar untuk menghindari arah bangunan yang menangkap sinar matahari yang berlebihan. Pengaturan area bukaan harus dipikirkan secara cermat untuk menghindari masuknya sinar matahari yang malah membuat ruangan menjadi panas. Pengolahan site bangunan haruslah maksimal untuk mendukung rumah minimalis yang nyaman. Semisal penanaman banyak pohon di sekitar bangunan bisa mengurangi radiasi panas matahari.

Oleh sebab itu, mendesain rumah dengan tren minimalis tidak gampang dan tidak boleh minimalis, tetapi harus maksimal dalam pengolahan segala aspek penunjangnya semisal penghawaan, lingkungan, view orientasi dll.

Comments are closed.