Membangun rumah bagus berkualitas dengan biaya murah bisa diwujudkan. Berikut Tips membangun rumah dengan biaya Hemat

Perencanaan Pembangunan Rumah

Rencanakanlah pembangunan rumah Anda,  ukuran bangunan, mulai dari dana, hingga target waktu . Rencana ini nantinya berfungsi sebagai pengendali kemungkinan terjadinya penyimpangan selama proses pembangunan berlangsung. Jika proses pembangunan rumah meleset dari rencana, tentu akan berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan.

Gunakan Desain Tipe Minimalis

Desain rumah ini dinilai lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan namun tetap terkesan modern dan mewah. Sesuai dengan desainnya yang minimalis, rumah bertipe ini hemat ruang sehingga tak banyak menghabiskan bahan bangunan. Untuk memperoleh desain rumah tipe minimalis, Anda tidak perlu merogoh kocek guna menyewa jasa seorang arsitek, tetapi bisa browsing di internet sehingga bisa memperoleh desain rumah yang diinginkan secara gratis.

 

Bentuk Bangunan

Bentuk bangunan berpengaruh pada tingkat kesulitan pembangunan dan kebutuhan bahan bangunan. Rumah berbentuk persegi atau persegi panjang cenderung lebih mudah dibangun dan lebih hemat biaya dibandingkan dengan rumah berbentuk segitiga atau yang bersudut lainnya.

Riset Harga Bahan Bangunan

Tak perlu ragu bahkan malu untuk keluar masuk toko-toko bangunan guna menanyakan harga material yang dibutuhkan, mulai dari semen, pasir, batu bata, besi, dan lain sebagainya. Pentingnya membandingkan harga tersebut karena di setiap toko tidak selalu menjual dengan harga yang sama. Dengan demikian, Anda bisa memilih bahan bangunan yang berkualitas dengan harga yang lebih murah.

 

Memilih Tukang Bangunan

Mengingat pentingnya peran dari tukang ini,  biaya untuk membayar jasanya cukup besar dalam anggaran yang disiapkan. Oleh sebab itu, Anda harus selektif dalam memilih tukang. Pilihlah tukang yang benar-benar ahli di bidangnya. Hal ini penting karena baik tidaknya kinerja tukang akan mempengaruhi efisiensi proses pembangunan rumah.

 

Bahan Bangunan Lokal

Gunakan bahan bangunan lokal seperti kayu, bambu, dan lainnya. Selain mudah ditemukan, jenis bahan bangunan tersebut juga lebih murah

 

Membangun Secara Bertahap

Mulailah secara  bertahap. Mulai dari pembuatan fondasi, pendirian bangunan, hingga pemasangan atap dilakukan dan disesuaikan dengan budget yang ada.  hal tersebut memberikan kesempatan bagi Anda untuk lebih fokus pada setiap tahapnya

 

 

 

 

 

 

Comments are closed.